Puncak Mudik Terjadi Hari Ini

Puncak Mudik Terjadi Hari Ini

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu, Ir Bambang Budi Djatmiko MM mengatakan, puncak arus mudik di Bengkulu diperkirakan terjadi pada H-3 Idulfitri 1439 Hijriyah atau Selasa (12/6) hari ini. Pada puncak mudik tersebut, loket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Bandara Fatmawati Bengkulu akan dipadati penumpang.

\"Pada H-4 Lebaran atau Senin lalu, jumlah pemudik yang meninggalkan Bengkulu sebanyak 3.500 orang atau meningkat sebanyak 1.000 orang dibanding pada Minggu (10/6) sebanyak 2.500 orang, hari ini dipastikan meningkat lagi,\" kata Budi, kemarin (11/6).

Pemudik yang berangkat meninggalkan Bengkulu mayoritas menggunakan bus angkutan mudik lebaran yang disiapkan Pemprov Bengkulu dengan tujuan beberapa kota di Jawa dan Sumatera. Sementara yang menggunakan pesawat udara mayoritas tujuan kota di Pulau Jawa, dan kawasan Timur Indonesia, seperti Sulawesi, Kaltim, dan daerah lainnya. \"Seluruh angkutan mudik sudah penuh dipesan,\" terang Budi.

Pihaknya berharap tidak ada masalah dan mudik berjalan lancar. Terutama bagi pemudik sudah membeli tiket baik bus maupun pesawat udara. \"Seluruh pemudik yang sudah membeli tiket dapat diberangkatkan sesuai jadwal PO bus AKAP dan maskapai yang melayani rute penerbangan ke daerah ini,\" tukasnya.

Sementara itu, jumlah pemudik yang menggunakan pesawat udara di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu meningkat 13,03 persen dari 1.822 penumpang menjadi 1.978 penumpang dalam empat hari belakangan ini.  Berdasarkan data yang masuk ke Posko Pengaduan Angkutan Lebaran 1439 H di Bandara Fatmawati Bengkulu, jumlah penumpang yang datang ke Bengkulu hingga H-5 lebaran tercatat 7.510 orang dengan kargo mencapai 50.504 Kg. Sementara keberangkatan penumpang dari Bengkulu ke provinsi lain mencapai 5.829 orang dengan kargo mencapai 13.189 kg.

Kasi Keamanan Penerbangan dan Pelayanan Darurat Bandara Fatmawati Soekarno, Wijayanti saat dikonfirmasi mengatakan peningkatan jumlah penumpang tersebut dilihat dari kepadatan yang terjadi di bandar udara sejak H-8 hingga H-5. Rata-rata jumlah penumpang yang datang ke Provinsi Bengkulu didominasi dari lima provinsi serta rute penerbangan yang dilayani di bandara. Lima provinsi itu adalah DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Lampung, Batam, dan Sumatera Barat.

\"Perharinya jumlah penumpang yang tiba mencapai 1.800 sampai 1.900 orang, sementara untuk keberangkatan rata-rata mencapai 1.500 orang per harinya, \" ungkapnya.

Pihak maskapai penerbangan tidak melakukan penambahan flight atau penerbangan, setiap hari hanya melayani 14 penerbangan, dengan rincian 8 kali melayani rute Jakarta, 2 rute Palembang, sementara Lampung, Padang dan Batam masing-masing satu rute.

Kementerian Perhubungan telah memprediksi puncak arus mudik secara nasional akan terjadi pada H-3 lebaran. Di Bandara Fatmawati Bengkulu, arus mudik jumlah kedatangan penumpang terus mengalami peningkatan sehingga diperkirakan arus penumpang masih tetap tinggi hingga hari H pada tanggal 15 Juni mendatang. Lebih lanjut dijelaskanya, walau terjadi kenaikan jumlah penumpang, maskapai belum menambah layanan penerbangan, layanan pesawat masih normal dengan menggunakan 14 penerbangan. \"Tidak menutup kemungkinan kedatangan penumpang akan terus terjadi hingga hari H lebaran, \" jelasnya.(999/247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: